Senin, 08 Oktober 2012

FFD bersama PT Du Pont

Awal bulan Oktober 2012, para penyuluh BPP Gondang bersama petani mengikuti konvoi sepeda motor menuju lokasi Demplot Prevathon 50 SC oleh PT. DuPont. Lokasi tersebut adalah di Kabupaten Trenggalek, Kecamatan Durenan. Lahan sawah di belakang BPP Kec. Durenan telah dipermak menjadi tempat hajatan. Ratusan spanduk, telah terpasang sejak di jalan masuk hingga tempat terpasangnya tenda besar dan beberapa tenda yang lebih kecil di sekitarnya. Saat konvoi kami datang, para petani telah duduk di bawah tenda besar dengan berseragam kaos merah putih. Hampir semua kursi telah diduduki. Petani yang baru hadir harus mencari tempat yang teduh di sisi barat tenda atau di tenda kecil sekitarnya.


                                                 persiapan peserta konvoi dari Tulungagung

Acara dimulai dengan penjelasan dari Kepala Dinas tentang pentingnya pertanian sebagai penyedia pangan untuk penduduk suatu bangsa. Tak ada satu negara pun yang mempercayakan urusan pangannya kepada negara lain. Dengan kata lain kedaulatan pangan sangat penting bagi suatu negara, demi ketenangan dan kesejahteraan masyarakat. Urusan pangan harus menjadi prioritas pemerintah, dan untuk tugas mulia ini, para petani menjadi praktisi yang berperan di garis depan. Petani diharapkan semakin sukses memproduksi dan menyediakan pangan untuk diri sendiri dan orang lain. Sungguh pekerjaan mulia bukan?



                                                                Gerbang selamat datang

Sambutan selanjutnya adalah dari PT. DuPont yaitu dengan mengumumkan produk baru pestisida pengendali penggerek batang padi dan hama putih palsu; Prevathon 50 SC dosis 2 botol untuk satu hektar tanaman padi. Prevathon 50 SC adalah pestisida ramah lingkungan yang tidak membunuh musuh alami hama.


                                                        petani peserta mengamati demplot


Pestisida ini pernah diaplikasikan di lahan sekitar BPP Gondang awal tahun 2012 yang lalu. Lihat juga http://bppgondang.blogspot.com/2012/01/panen-raya-padi-kerjasama-bpp-gondang.html Mungkin event yang sekarang adalah kelanjutan dari yang dulu. Dengan tambahan informasi dosis anjuran per Hektar.



                                                                    Prevathon 50 SC

Acara ditutup sebelum sesi makan-makan. Selanjutnya semua hadirin membubarkan diri dengan tertib.


para petani peserta FFD

               
pelepasan balon

             


     Sesi tanya jawab dan dengar pendapat petani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar