Rabu, 11 Januari 2012

Panen Raya Padi Kerjasama BPP Gondang dan PT. DAPI

Hari Selasa, 10 Januari 2012. Ada pemandangan yang tidak biasa di BPP Gondang. Spanduk dan umbul-umbul berjajar rapi di sepanjang jalan menuju kantor BPP. Tenda merah terpasang di halaman BPP sejak Hari Senin, 9 Januari 2012. Selasa paginya, sudah lengkap dengan panggung dan barisan kursi oranye.
umbul umbul di sepanjang jalanan menuju BPP
tenda merah, panggung, dan kursi oranye




Event besar yang tidak biasa ini bertajuk Panen Raya Padi Demplot PT. DuPont. Memang, musim tanam kali ini, sebagian lahan sawah di sekitar kantor BPP Gondang digunakan untuk demplot dari salah satu produk PT. DuPont , yaitu Prevathon 50 SC. Insektisida sistemik yang ramah lingkungan. 

Menurut Edi Sapto Dewo, dari Pusat Pengembangan dan Penelitian PT DAPI (DuPont Agricultural Products Indonesia) , Prevathon 50 SC merupakan insektisida golongan baru yang memiliki kandungan kimia relatif aman terhadap manusia, mamalia, ikan, dan serangga berguna seperti lebah penyerbuk. (http://suaramerdeka.com/harian/0711/19/eko07.htm)

penimbangan hasil ubinan lahan dem perlakuan

Pagi sebelum acara mulai, petani pemilik lahan telah melakukan pengubinan untuk membuktikan hasil perlakuan insektisida Prevathon 50 SC. Pembandingnya adalah kontrol yaitu lahan sawah di sampingnya yang tidak menggunakan Prevathon 50 SC.

Hasil penimbangannya seperti yang disampaikan Pak Sarwani (Koordinator PPL BPP Gondang), yaitu di lahan yang menggunakan Prevathon adalah 6,75 kg dan yang tidak menggunakan Prevathon adalah 5,25 kg.

Beberapa gerai tenda untuk display produk PT. DAPI juga telah siap sejak pagi. Termasuk divisi benih yang menampilkan benih jagung Pioneer dan padi hibrida.
Display produk PT. DAPI













Pak Masduki di gerai divisi benih




















Padi HIPA 8 dan jagung P 21














Peserta yang diundang sebanyak 150 orang, yaitu para petani kelompok pria maupun wanita dari semua desa di wilayah Kecamatan Gondang.

Registrasi peserta 














Ketua KTNA Kecamatan, Mantri Tani dan para kontak tani













Sebagian peserta menuju tenda















Peserta














Sambutan BKPP (Ir. Suhono)

Banyak informasi yang disampaikan baik dari BPP maupun BKPP untuk para peserta yang hadir.  
Bapak Ir. Suhono dari BKPP Tulungagung, menyampaikan pesan mengenai peminjaman modal melalui UKM yang bisa diakses oleh petani untuk pengembangan usaha pertanian dan peternakan mereka.

Sementara Bapak Sarwani,SP. (Koordinator PPL BPP Gondang) menekankan penggunaan pupuk organik untuk semua lahan pertanian, sekaligus menunjukkan hasil demplot pupuk organik yang dilakukan di lahan sawah BPP Gondang. Pak Sarwani juga mempersilahkan para peserta untuk melihat halaman belakang BPP yang sedang dilaksanakan demplot penggemukan kambing dengan pakan kering.

Berikut ini adalah sebagian foto yang diambil dalam acara ini, semoga dapat memberi gambaran tetang pelaksanaan kegiatannya.
 
Welcome song, Pak Hariyadi "Pesolima"
Persiapan konsumsi dari Restoran Mak Nyang, Bolorejo, Kauman
Pembukaan oleh MC
Sambutan PT. Du Pont


Panen simbolis
Perwakilan BKPP, BPP, PT. DuPont, Petani
Perwakilan PT Du Pont dan Petani
Meja konsumsi
Makan bersama
Kandang kambing BPP Gondang
Lahan BPP Gondang
Melihat kambing
Paduan suara BPP Gondang






































































































































































Di akhir kegiatan, setelah lelah mondar mandir dan bantu sana sini, ibu-ibu PPL BPP Gondang  secara spontan membentuk grup paduan suara.

Ternyata menyanyi itu bisa jadi obat lelah ya...hehe..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar