Selasa, 24 Juli 2012

FARMERS FIELD DAY (FFD) PUPUK ORGANIK


 Pupuk Organik Siap Panen
Pada hari Kamis tanggal 12 Juli 2012, telah diadakan FFD pupuk organik di Poktan Tirto Kencono I Desa Kendal. Bertempat di rumah salah satu petani telah diadakan praktek pembuatan pupuk organik dengan starter EM4 dan Semanggi pada tanggal 21 Juni 2012. Praktek pembuatan pupuk organik dipandu oleh Penyuluh Pertanian Desa Kendal Faries Suluh L.P., STP.  Setelah melalui proses selama 7 hari, yang menggunakan starter EM4 dapat dipanen. Sedangkan starter Semanggi membutuhkan proses selama 21 hari.


Program ini terlaksana atas kerjasama antara Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung dengan BPP Gondang. Peserta diambilkan dari petani tembakau di Desa Kendal sebanyak 30 orang. Program ini diadakan untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia yang berlebih pada tanaman tembakau. Bila hal ini dibiarkan lama-kelamaan akan mengakibatkan menurunnya tingkat kesuburan tanah.

Penggunaan pupuk organik untuk tanaman tembakau sangat diperlukan untuk memperbaiki struktur tanah, yang akhirnya dapat meningkatkan kesuburan tanah. Dengan pemberian pupuk organik, juga dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia, sehingga biaya produksi dapat dikurangi, mengingat harga pupuk kimia yang semakin mahal. Dosis pemupukan untuk tanaman tembakau sebanyak 5 ton/Ha, diberikan saat olah tanah.

Uji Coba Mesin APPO
Kemasan Pupuk Organik
Dalam kesempatan ini juga diserahkan APPO(Alat Pengolah Pupuk Organik) oleh Dinas Peternakan kepada ketua kelompok tani Tirto Kencono I, sekaligus uji coba operasional mesin APPO. Semua peserta pelatihan yang hadir turut mencoba alat APPO. Hasil pupuk organik dikemas dalam kantong plastik dan dibagikan ke peserta pelatihan. Semoga dengan adanya bantuan APPO semakin banyak petani yang membuat pupuk organik untuk digunakan pemupukan tanaman pangan dan perkebunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar