Minggu, 04 Maret 2012

Pelatihan Membuat Blog di BPP Gondang

Kamis, 1 Maret 2012 sejak pagi beberapa PPL sudah bersiap-siap untuk merealisasikan niat belajar blogging. Sejak lama hal ini direncanakan, namun baru bisa terlaksana saat ini. Ruang pertemuan BPP Gondang disulap..cling..menjadi ruangan kelas. Memang, kami baru saja menambah inventaris meja panjang, untuk berbagai keperluan. Empat meja baru, cukup untuk memenuhi ruangan pertemuan. Meja paling belakang adalah meja lama yang sudah banyak lubang dan keropos di sana sini. Hasil kerja nyata para rayap. 
kelas informal
Sehari sebelumnya, kami berencana untuk benar-benar mengadakan kegiatan belajar bersama. "Besok bawa laptop, ya.." begitulah..hingga akhirnya terwujud rencana itu esok harinya.

Kamis pagi, saya piket dengan Pak Samsudin. Buka pintu, menyapu lantai, menyiram tanaman..sedikit mengepel lantai yang tampak kotor..selesai.. Aktivitas pindah ke ruang pertemuan. Meja belum tertata berbaris. Masih ada di pinggir-pinggir tembok. Mas Hari yang sudah datang dan juga masuk ruang pertemuan berinisiatif untuk menata meja menjadi barisan seperti meja di ruang kelas. Saya pun membantu mengakat meja. Selanjutnya, memasang proyektor dan menyiapkan tembok untuk layar.

Tembok masih tertutup whiteboard. Untuk mendapatkan permukaan tembok kami hanya perlu memindahkan whiteboard dari depan ke samping. Pak Sarwani, koordinator PP BPP Gondang membantu menggeser whiteboard ini, hingga permukaan tembok dapat digunakan sebagai layar. 
peserta pelatihan

Pelatihan dimulai dengan bergobyos ria,karena harus bekerja bakti dulu menata ruangan. Mbak Puji dengan penuh keikhlasan mengambilkan kipas angin dari ruang penyuluh. Kipas angin jimat (siji..di mat mat..heheh) dinyalakan, dan walhasil gobyos dapat dikurangi..

Mas Hari mendahului online dan memberitahukan ke Mbak Tita, temen THL di BPP Pakel, mungkin tertarik ikut di acara ini. Dan, Mbak Tita pun segera meluncur ke BPP Gondang untuk mengikuti pelatihan pertama ini.

Sementara itu, Mbak Puji juga mengumumkan di grup facebook pertanian tulungagung bahwa hari ini ada pelatihan blogging di BPP Gondang, dan terbuka bagi siapa saja yang ingin ikut.

Persiapan koneksi internet, sambil menunggu semua peserta hadir, opening ppt..berlangsung lancar. Mbak Tita datang, suasana bertambah semarak.

Pak Sarwani, tanpa kami ketahui ternyata beliau belanja kabel dan terminal colokan. Wah, sungguh tak diduga. Koordinator yang baik hati. Hingga pada saat beberapa orang kehabisan batre laptop, tak manjadi masalah lagi, karena jumlah colokan listrik mencukupi untuk semua peserta.
Pak Sarwani menyiapkan terminal

Pelatihan berakhir pada pukul 11 lewat. Sebagian peserta dari PPL PNS harus ke BKPP karena ada rapat tgl 1 Maret. Insya Allah belum cukup sampai di sini karena belum semua materi disampaikan ke peserta. Mudah-mudahan ada kesempatan lain untuk memperdalam blogging ini, agar semua bisa entry dan update berita di blog BPP. 


Oh iya, seperti pada umumnya pelatihan  yang ada coffe break, maka kami ada duren break..hehe..kebetulan duren nya bagian mbak sutinah belum dibawa pulang, sehingga dimakan bersama di sela-sela kegiatan pelatihan. Serunya, semua kebagian...dan puas. 

Pak Mul malah juga mencetuskan ide untuk coffe break, jika diperlukan..silahkan ke dapur dan membuat kopi sendiri-sendiri..hehe..
semua kebagian duren

4 komentar:

  1. kegiatan yg bagus, perlu dilanjutkan.

    BalasHapus
  2. kegiatan yg bagus, perlu dilanjutkan...

    BalasHapus
  3. Perlu dan penting untuk para penyuluh....

    BalasHapus
  4. Boleh datang ke BPP Kecamatan Gondang dan apakah juga menyediakan bibit kambing dan domba segala jenis?

    BalasHapus