Kamis, 15 Agustus 2019

STUDI BANDING KWT SEJAHTERA DESA SIDEM


 

STUDI BANDING KWT SEJAHTERA DESA SIDEM

Pada tertengan bulan Agustus lalu tepatnya hari Rabu, tanggal 14 Agustus 2019 Kelompok Wanita Tani (KWT) Sejahtera Desa Sidem melaksanakan kegiatan Studi Banding ke beberapa tempat di wilayah Kabupaten Tulungagung. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 50 orang ini terdiri dari pengurus dan anggota KWT Sejahtera Desa Sidem serta PPL Kecamatan Gondang.
Kunjungan pertama ke rumah pengusaha pembibitan sayuran beralamat di Desa Wonorejo Kecamatan Sumbergempol. Disana ibu-ibu anggota KWT Sejahtera mengetahui bagaimana cara pembibitan sayuran secara baik. Mereka sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Bapak Ali Ashari selaku pemilik areal pembibitan sayuran. Mulai dari persiapan media pembibitan (tanah dan pupuk kandang 2:1) dalam polybag kecil, peletakan benih satu per satu, penyiraman hingga bibit sayuran tersebut siap tanam.
                Berikutnya berkunjung ke Peternak Ayam Arab di Desa Tulungrejo Kecamatan Karangrejo.  Sesampai di rumah Bapak H. Saiful rombongan KWT Sejahtera langsung disambut dengan ramah. Ibu-ibu  anggota KWT Sejahtera langsung diajak ke tempat penetasan telur disana  diberi penjelasan tentang proses dari awal cara memperoleh kuthuk dari mesin penetas. Dilanjutkan mengunjungi kandang ayam arab yang setiap hari dipanen telurnya.

Kunjungan terakhir ke Desa Dono Kecamatan Sendang tepatnya ke pengusaha emping jagung. Di rumah yang sangat sederhana ini rombongan KWT Sejahtera disambut dengan ramah oleh Bapak Nur Hadi sang pemilik usaha emping jagung. Beliau memberikan paparan secara runtut mulai awal bagaimana proses pembuatan emping jagung dengan membagikan makalah yang telah disusunnya. Sambil mendengarkan paparan, ibu-ibu KWT Sejahtera menikmati hidangan yang disuguhkan tak ketinggalan emping jagung buah tangan Pak Nur begitu beliau dipanggil. Kemudian ibu-ibu KWT Sejahtera diajak melihat langsung dapur pembuatan  emping jagung.  Emping jagung yang diproduksi hanya varian rasa original tanpa varian yang lain. Ini disebabkan melihat selera konsumen yang lebih menyukai emping jagung rasa original.
Sebelum berpamitan ibu-ibu KWT Sejahtera menyempatkan foto bersama di depan rumah. Semoga ilmu yang didapat dapat bermanfaat bagi ibu-ibu KWT Sejahtera Desa Sidem untuk mengembangkan usaha agribisnisnya di Desa Sidem. (anis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar