Rabu, 27 Juni 2012

PAMERAN AGROBISNIS

Penjelasan teknik vertikultur ke Ibu Bupati
            Pameran dan Promosi Atas Hasil Produksi  Pertanian/Perkebunan Unggulan Daerah (PPAHP3UD) ke XIII Kabupaten Tulungagung telah dilaksanakan pada tanggal 12 Juni hingga 16 Juni 2012.  Bertempat di halaman kantor Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP), diikuti oleh sekitar 60 peserta, terdiri dari semua Balai Penyuluhan Pertanian (BPP)  di Kabupaten Tulungagung, serta instansi lain yang terkait baik pemerintah maupun swasta.


            PPAHP3UD  merupakan agenda rutin tiap tahun BKPP dalam rangka hari krida pertanian. Melalui kegiatan ini diharapkan petani dapat mempromosikan produk unggulannya. Selanjutnya, kerjasama agribisnis dengan pihak lain dapat ditingkatkan. Selain kegiatan pameran juga ada kegiatan lokakarya, workshop dan promo produk.
Kepala BKPP di stand BPP Gondang
            BPP Gondang, merupakan BPP di wilayah Kabupaten Tulungagung paling barat, berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek.  Keikutsertaan BPP Gondang dalam PPAHP3UD didukung penuh oleh gapoktan se-Kecamatan Gondang. Tahun ini stand BPP Gondang menampilkan teknologi dan hasil olahan pertanian. Teknologi yang dipamerkan adalah teknologi tabela (tanam benih langsung) dan vertikultur. Tabela adalah teknologi tanam benih tanpa melalui persemaian. Hal ini untuk menghemat biaya tanam dan mensiasati tenaga tanam yang semakin sulit didapat. Vertikultur merupakan sistem tanam bertingkat, sehingga hemat tempat. Bagi rumah tangga yang ingin menanam sayur tapi pekarangan terbatas, dapat mencoba teknik ini.
Ibu Bupati meninjau produk unggulan
Produk unggulan BPP Gondang
Penjelasan cara penggunaan Tabela
            Hasil olahan pertanian yang ditampilkan antara lain: gethuk pisang dari Desa Wonokromo, krupuk sermier dari Desa Gondang, kripik singkong  dan krupuk rambak dari Desa Bendo, jamu instan dari Desa Mojoarum, serta berbagai hasil olahan lele dari Desa Gondosuli. Dari Desa Tawing ditampilkan aneka bibit sayur seperti cabe, terong dan pepaya. Ada juga hasil anyam-anyaman seperti tampah, tempat nasi, capil dari Desa Sepatan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar